September 21, 2017

emoji-emoji kamu masih jadul? ga bisa lihat emoji baru di sosmed? munculnya malah berbentuk kotak, gara-gara Android kamu ga support? idih! ga jaman banget dong?! dan sekarang kamu juga udah bosan dengan tampilannya?

terus juga pengen ganti emoji android kamu ke emoji IOS? nah, udah saatnya kamu upgrade emoji kamu, dan jadi fresh lagi dengan tampilan emoji baru yang kamu suka. tenang, kamu ada di pos yang tepat!
kamu gak cuma bisa ganti emoji kamu ke emoji IOS, tapi juga sekalian UPGRADE ke uni 10!

tapi sebelum ke jenjang yang lebih jauh saya mau kasih info kalau tutorial ini butuh AKSES ROOTtapi mohon maaf ya, saya di sini ga kasih tau cara root-nya. karena setiap smartphone Android beda-beda cara root-nya. kamu bisa konsultasi dulu sama mbah Google tersayang kita ini tentang cara root Android kamu.

pastikan article/blog yang kamu baca bener-bener menyediakan tutorial root yang sesuai sama tipe Android kamu. kalau motto saya sih "no root no fun" alias "ga root ga seru" :) hehe. bagi yang masih awam banget dan ga familiar dengan ROOTING, saran saya skip aja deh ya. bagi yang mau belajar, sila dicari tau dan baca-baca apa sih root itu. kan banyak baca jadi banyak ilmu, hehe.

oya satu lagi tutor ini cuma berlaku untuk Android Kitkat (4.4) ke atas ya.

oke, jika root sudah, dan konfirmasi OS Android juga sudah. bisa lanjut.

untuk tutorial ini ada 2 cara. yaitu install melalui recovery mode, atau langsung pindah isi file ttf-nya ke folder yang ada di system.
!!! PENTING !!! sebelum melakukan tutorial ini, jangan lupa backup dulu notocoloremoji.ttf punya kamu. di root>system>fonts. cari notocoloremoji.ttf dan taruh di tempat yang aman, agar mudah nanti ngembaliinnya seandainya terjadi sesuatu yang gak kamu inginkan (karena saya ga nyediain notocoloremoji original-nya Android kamu ya). untuk bisa akses ke system kamu butuh root explorer.
1. install melalui recovery
taruh file zip-nya di memori internal kamu, atau di mana aja yang kamu bakal mudah ngingatnya. lalu kamu tinggal masuk ke recovery mode dan install zip seperti biasa. dan reboot.

2. install melalui system
kamu butuh 1 tool untuk bisa melakukan ini. yaitu aplikasi root explorer. jika udah punya langsung lanjut aja. buka app-nya, ekstrak zip-nya. lalu cari file ttf-nya (biasanya ada di folder system lalu >font). ttf-nya itu bernama notocoloremoji.ttf. 

lalu kamu pindah si notocoloremoji.ttf ke root>system>fonts. 
dan karena di folder fonts itu sudah ada notocoloremoji.ttf, maka bakal ada notif untuk replace file-nya dan kamu klik aja "ya". setelah itu ubah permission-nya jadi format -rw -r -r. tekan lama-lama pada ttf-nya dan pilih permission. bisa lihat screenshot di bawah untuk format lebih jelasnya.
setelah itu kamu tinggal confirm dengan klik "ok" dan selesai. reboot HP kamu. 

ingat ya! satu hal ini biarpun terdengar sepele tapi sangat penting. di beberapa Android akan terjadi BOOTLOOP jika sampai kamu skip atau seandainya kamu lupa merubah permission

mau cara apapun yang kamu tempuh, pastikan kamu mengikuti tutorial di atas dengan baik dan benar. DO WITH YOUR OWN RISK!

DOWNLOAD
*klik gambar untuk HQ
saya hanya akan mengarahkan kamu ke situs XDA yang menyediakan emoji-emoji ini. cari link "download here" seperti gambar di atas untuk masuk ke proses download. di sana ada banyak jenis emoji yang bisa kamu download dan apply. dari emoji IOS, Facebook, Twitter, Windows, Galaxy S8 dan lain-lain.

hingga detik saya menulis tulisan ini kesemuanya udah support uni 10. mereka selalu update, update-an terakhir sih bulan Juli 2017 lalu. tidak ada screenshot untuk preview emoji-nya. jadi bisa kamu cek sendiri seperti apa bentuk emoji-nya lewat Google atau kamu tes aja satu-satu, hehe.

favorite saya sih Emoji One dan Android O.

nah, tanpa banyak basa-basi lagi

klik >>DI SINI<< untuk keseluruhan emoji 

dan >>DI SINI<< untuk Emoji Android O (bisa baca dulu yah, soalnya menurut penulisnya cuma support Android lollipop (5.0) ke atas.

last but not least, semoga bermanfaat ya :)


KINDLY REMINDER 'DO WITH YOUR OWN RISK'

nah, jika berhasil, coba komentar di bawah ya :) emoji apa nih yang jadi favorit kamu? ;)
note : jika komentar disqus tidak bisa ter-load di browser kamu, sila gunakan browser bawaan dulu ya jika ingin berkomentar :)
lohaloha. Android kamu support Emoji Unicode 10? dan di keyboard bawaan kamu malah ga muncul emoji-emoji baru dan lucu itu? wah, rugi banget kan. support uni 10 tapi ga bisa dipakai. untuk mengecek apakah Android kamu support Uni 10 bisa buka link ini langsung melalui android kamu.
unicode 10
note : tidak semua browser pihak ketiga support emojipedia, ada beberapa browser yang tampilannya hanya akan berwarna hitam kebiruan. bukan berarti hh kamu yang ga support emojinya. jadi akan lebih aman kalau kamu pakai browser bawaan saja untuk membuka link emojipedia di atas.

jika emoji-emoji itu muncul seperti SS di atas, maka bisa dipastikan android kamu support uni 10. jika munculnya kotak-kotak atau malah ga muncul sama sekali. berarti android kamu ga support tutorial ini :). kamu bisa follow tutor ini untuk bikin android kamu support uni 10.

nah, sekarang tinggal kita buat gimana caranya agar supaya kita bisa menggunakan emoji-emoji yang sekiranya jadi favorit tanpa bolak-balik copy paste. 

jadi di tutorial ini kamu diwajibkan memakai keyboard pihak ketiga yang bernama Smart Keyboard. tapi tenang dulu, aplikasi ini bisa dibilang aplikasi yang sangat ringan dan ga bikin bengkak memori kamu. karena itulah aplikasi keyboard ini jadi aplikasi wajib ada di android saya, hehe. 

keyboard ini ada versi trial dan versi pro (paid/berbayar). versi trial bisa langsung download di Play Store. dan kalau mau versi resmi dari Smart Keyboard Pro bisa langsung purchase aja, murah aja kok ;) hitung-hitung untuk support developer-nya. bayar murah tapi dapat service memuaskan, hehe. untuk versi APK-nya bisa lanjut baca ya.

selain kamu bisa pakai emoji uni 10. kamu juga bisa pakai auto-text. tau dong autotext? nah, kamu jadi dapat full service kan dari aplikasi keyboard ini.

untuk melengkapi tools tutorial ini, saya sudah siapkan versi APK dari Smart Keyboard Pro-nya.

tutorial, penjelasan lengkap beserta file APK bisa langsung berkunjung ke post saya >>DI SINI<< [guide untuk emoji uni 10 bisa scroll ke bagian bawah ya]

to skip ad
oke, selamat mencoba dan good luck ;) Enjoy


September 20, 2017


[APK] Smart Keyboard Pro? ada yang tau? atau mungkin sudah tau ya, makanya sampai di pos ini, hehe. penjelasan lebih lanjut, SKP ini keyboard biasa sih seperti pada umumnya. selain size-nya yang super ringan dan gak bikin bengkak memori. yang bikin spesial adalah dia bisa nyimpen auto-text. tau kan auto-text? auto-text yang sangat terkenal di smartphone BlackBerry itu lho! yang kalau kita ketikkan keyword maka akan muncul text yang sudah kita atur.

bisa dilihat di screenshot saya, kurang lebih seperti itu. nah yang seru dari smart keyboard ini ga cuman tentang auto-textnya. tapi juga kita bisa bikin skin/tema keyboard sesuai dengan yang kita mau. check di sini untuk lihat skin buatan saya sendiri dan mengetahui lebih jauh tentang skin SKP ini.


nah, mungkin langsung aja ya. sudah saya sertakan cara pasang autotextnya di dalam zipnya, dan juga cara pasang emoji-nya. atau yang mau lihat cara pasang emoji di pos lain bisa lihat di sini. yang mungkin kurang berkenan dengan pengaturan yang saya berikan bisa diubah sendiri ya~. 

matikan auto-koreksi atau auto-complete jika dirasa mengganggu. auto koreksi atau auto complete ini cocok banget buat kamu yang suka typo nih seperti saya. jadi kita bakal jadi jarang typo, hehe. jangan lupa selalu update kamus pengguna-mu sendiri. tekan lama-lama pada kata yang ingin kamu simpan di kamus pengguna. download di Play Store "Indonesia for Smart Keyboard" untuk menambahkan prediksi kamus bahasa indonesia. dijamin bakal jadi jarang typo ;). kalau masih bingung jangan malu-malu untuk bertanya di kolom komentar.


skip ad klik pada "lanjutkan"


!! UPDATE 20 SEPTEMBER 2017 | SKP 4.20.1 !!
sebenernya udah lama update-nya, cuman baru bisa post sekarang, hehe. oke, jadi yang baru apa nih? kalau dari yang saya lihat, sekarang jadi agak lumayan ada perubahan yang significant lah ya. emoji yang sekarang dikelompokkan sesuai kategori.
Emoji Unicode 10
nah, bisa dilihat di screenshot saya. begitulah tampilan emoji-nya sekarang. ber-kelompok berdasarkan kategori, jadi ga susah kan nyari emoji yang kita mau? :). buat saya sih itu sangat mempermudah dalam proses pencarian emoji-nya, hehe. 
dan juga sekarang tombol emoji udah ga susah nyarinya. kamu bisa coba tekan lama-lama pada tombol "enter" atau "search" atau apapun yang biasanya ada di paling bawah kanan, maka akan muncul emoji. 

!!PASANG EMOJI UNICODE 10 DI SKP KAMU!! 
saya mau kasih sebuah wejangan nih #ceile. buat kamu yang Android-nya udah support emoji baru seperti emoji unicode 10 keatas. maka ada baiknya kamu baca terus tutorial-nya saya ini. bisa cek link ini melalui Android kamu ya. kalau Android kamu bisa baca emoji-emoji-nya maka bisa dibilang Android kamu support emoji unicode 10.
EMOJI UNICODE 10

setelah kamu buka link-nya tampilannya bakal seperti screenshot di atas. emoji-emoji itu akan menampakkan dirinya, kalau memang Android kamu support unicode 10. kalau munculnya kotak-kotak atau malah ga muncul sama sekali, mohon maaf ya kamu bisa SKIP tutorial ini atau coba update emoji kamu dengan follow tutor saya yang ini.

jadi gini, bagi kamu yang Android-nya udah lulus tes kemampuan membaca emoji unicode 10 keatas, kan sia-sia banget, atau kalau bahasa inggrisnya such a waste banget bisa dilihat tapi bingung masa gabisa dipakai? karena hingga versi yang terbaru ini (v4.20.1), si smart keyboard ini cuman bisa pakai beberapa emoji baru yang muncul otomatis di dalam jendela EMOJI-nya. 

nah, gimana dong solusinya biar bisa enak make emoji-emoji baru tanpa harus bolak-balik copy paste? tenang aja, saya kasih solusi jitu yang MIND-BLOWON banget *eh mind-blowing ya? *he. 
ingat dong yang barusan saya bilang, di SKP baru ini kamu bisa tinggal tekan lama-lama pada tombol "enter" maka akan muncul emoji? dan tau juga gak, kalau kamu sebenarnya bisa ubah jendela emoji itu jadi jendela smiley seperti screenshot ini.
smiley
nah, kamu bisa ubah smiley-smiley itu jadi emoji-emoji baru yang sekiranya bakal sering kamu pake. karena wadahnya yang terbatas, yaitu cuman ada 15 kotak. maka pastikan emoji-emoji yang akan kamu taruh di situ adalah emoji-emoji yang bakal sering kamu pakai. baiklah, kita langsung aja ya ke tutorial-nya. 

kamu bisa menuju ke aplikasi smartkeyboard kamu atau dari mode ketik bisa tekan lama-lama pada tombol 123 maka langsung akan ngebawa kamu ke aplikasi SKP. lanjut ke "pengaturan umum" atau "general setting" dalam bahasa inggris. dan selanjutnya bisa ikuti urutan nomor gambar di bawah ini ya.
*klik gambar untuk HQ
Pasang Emoji Unicode 10 Android
gimana? seru dan mudah bukan? untuk proses pengeditan smiley ke emoji barunya silakan copas dulu dari browser atau sumber lain. setelah itu kamu bisa langsung pakai deh tanpa copy paste :). lalu karena tombol enter sudah diubah jadi tombol smiley untuk penggunaan emoji baru, maka kamu bisa taruh emoji original-nya di tombol pemilihan bahasa, untuk itu kamu bisa pasang emoji-nya dengan cara ini

jangan lupa setelah melakukan editing secara keseluruhan autotext maupun emoji kesukaan kamu sendiri, lakukan backup/cadangan. dan save/simpan di tempat yang aman. jadi jika suatu saat terjadi sesuatu sama Android kamu, segala sesuatu yang udah kamu lakukan di SKP dapat terjaga dengan aman :). tinggal di-restore aja deh.

mungkin ada yang ingin ditanyakan? bisa komen gengs. makasi ya udah mau baca. oya karna saya menggunakan disqus, jadi ada beberapa browser Android pihak ketiga yang ga bisa loading komen disqus. jika browser yang sedang kamu gunakan tidak bisa load komen-nya bisa pakai browser bawaan atau browser yang lain dulu kalau mau komen, haha maaf merepotkan^^.

LINK UPDATE : [APK] Smartkeyboard pro 4.20.1 | autotext only (cara install di dalam zip) | Cara Pasang Emoji

*skip ad klik pada "lanjutkan"

last but not least, I hope this would be useful.
Enjoy ;)

Jika ide saya di atas dirasa bermanfaat dan mau kamu repost di blog kamu. tolong cantumkan sumber ya :) makasih

August 19, 2017

haihaihai~ apa kabar nih penggemar rahasia blog saya? saya juga gak tau sih apakah saya punya penggemar atau enggak ya, haha (senyum kecut). apa ya yang special hari ini? JENG..JENG..JENG..

jadi, hari ini itu tepatnya 9 TAHUN YANG LALU saya membuat postingan pertama saya di blog ini. yap! 9 tahun YANG LALU. mungkin ga seberapa yah sama para pembaca yang mungkin seorang blogger juga dan usia blognya mungkin lebih banyak dari punya saya, hehe. gak sengaja ditelaah lebih mendalam dan melihat postingan-postingan saya waktu awal-awal itu lucu banget dan ngangenin pada masa itu hiks T^T.

yah, 9 tahun lalu tepatnya pada tahun 2008 saat itu saya masih berada di bangku SMA kelas 2. masih terngiang-ngiang di kepala saya masa-masa indah bersama teman-teman saya. masa-masa pergi hang-out bareng. cerita tentang masa pubertas (jatuh cinta, putus, dll). pada jaman itu saya baru-baru aja kenal sama yang namanya INTERNET. gara-gara dikenalin sama teman saya, masih gaptek to the max. sampe akhirnya ngerti banyak hal hingga sekarang ini. makasih banget buat temen saya yang satu itu. you made me see the world from a little hole! yah, anggap aja internet itu lubang kecil yang bisa bikin saya lebih mengenal dunia semakin dalam lagi hanya dari situ. begitulah kira-kira.

sudah banyak hal yang terjadi, dan blog ini menjadi saksi bisu dalam sebagian momen-momen berharga itu. oke ini dia postingan pertama saya.
tentang cerpen buatan tangan saya sendiri yang saya buat karena ada lomba cerpen dari guru pelajaran bahasa indonesia. dan saya masih ingat banget cerpen ini membawa saya kepada nilai tertinggi atau bisa dibilang juara 1 dalam lomba itu. emang sih kalau dilihat sekarang cerpennya masih perlu banyak revisi ya~ hehe. mungkin di antara teman saya yang lain cerpen saya ini udah termasuk yang paling bagus, hehe. tapi cerpen ini masih original loh, alias TIDAK PERNAH saya ubah satu huruf pun dari 9 tahun yang lalu. dan awalnya memang cerita pendek ini saya tulis tangan di sebuah kertas, lalu saya ketik di microsoft word dan saya print untuk bisa diberi ke guru saya. dan akhirnya saya post di blog.

dan cerita sedihnya dari memori ini, guru saya ini sudah pergi~ pergi dan takkan kembali selamanya. beliau meninggal ketika saya sudah menjadi alumni atau kata lainnya saya sudah lulus dari sekolah saya itu. guru saya itu sangat baik, cerdas pastinya, dan saya tidak pernah bisa melupakan ketika saya berkunjung ke sekolah saya itu dan bertemu dengan beliau, saya kaget beliau masih sangat ingat nama saya. dan beliau bilang beliau masih sangat mengingat saya yang dulu pernah juara 1 lomba cerpen. saya terharu sekali, hehe. uff saya jadi sedih banget. pokoknya Bapak guru saya ini semoga dapat tempat yang terbaik. jasa beliau takkan pernah pudar selamanya. AL-FATIHAH.